Featured

    Featured Posts

Raspberry Pi 2, Komputer Mungil Ini Bisa Menjalankan Windows 10

Setelah kemunculan komputer mini Raspberry Pi tiga tahun lalu, kini pihak Raspberry Foundation telah mengumumkan munculnya generasi kedua dari komputer mini yang canggih tersebut dengan nama Raspberry Pi 2. Seperti pendahulunya, Raspberry Pi 2 juga menghebohkan dunia gadget karena komputer mungil tersebut digadang-gadang telah mampu mengoperasikan windows 10 sebagai sistem operasinya. Seperti yang diketahui, bahwa sistem operasi windows 10 merupakan OS (Operating System) terbaru besutan Microsoft yang hanya bisa dijalankan para perangkat yang memiliki dapur pacu cukup canggih. 

Adapun perangkat, dapur pacu, yang dibenamkan pada komputer mini Raspberry Pi 2 adalah prosesor Broadcomm dengan kecepatan 900 MHz serta dilengkapi dengan CPU Quad-Core Cortex A7. Sedangkan di sisi lain, RAM yang disematkan dalam komputer mini Raspberry Pi 2 adalah RAM sebesar 1 GB. Untuk ukuran komputer mini, RAM 1 GB tentu sudah sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Meskipun demikian, hal yang harus diketahui di sini adalah bahwa windows 10 yang diusung oleh komputer mini Raspberry Pi 2 berbeda dengan windows 10 final seperti yang ada pada desktop ataupun PC komputer yang memiliki basis AMD ataupun intel atom. Adapun windows 10 yang diusung oleh Raspberry Pi 2 adalah windows 10 yang berfungsi sebagai software yang ditujukan untuk para pengembang atau developer t
eknologi dalam menggunakan proyek IoT (Internet of Things) melalui perangkat mungil namun canggih ini. Inilah yang kemudian menjadikan pihak dari perusahaan Raspberry Foundation mulai menjalin kerjasama dengan pihak Microsoft untuk mewujudkan komputer mini dan canggih tersebut.

Hal lain yang cukup mengejutkan adalah bahwa ada banyak pihak yang tertarik untuk mendukung komputer mungil ini dalam mengembangkan performanya seperti dukungan sistem operasi Snappy Ubuntu Core. Ini membuktikan bahwa komputer mini Raspberry Pi 2 memang layak jika dinobatkan sebagai teknologi komputer yang canggih saat ini. Ukurannya yang terbilang cukup kecil seolah tidak menghalangi Raspberry Pi 2 untuk turut bersaing dengan vendor komputer lainnya.

Dengan kata lain, bahwa windows 10 yang diusung oleh komputer mini Raspberry Pi 2 diciptakan khusus untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi TI. Bagi para pecinta komputer yang penasaran dengan komputer mungil ini, saat ini Raspberry Pi 2 telah bisa dipasarkan dan bisa di dapatkan di tempat khusus yang menjual Raspberry Pi 2. Adapun harga yang dibandrol oleh komputer mini Raspberry Pi 2 terbilang cukup terjangkau, yakni sekitar 450.000 ribu hingga 550.000 ribu untuk tiap unitnya.

Kemunculan komputer mini Raspberry Pi 2 tidak menunjukkan bahwa Raspberry Pi generasi pertama telah mati. Sebaliknya, para pengembang dari Raspberry Foundation hingga saat ini sedang melakukan berbagai pengembangan dan penyesuaian agar Raspberry Pi bisa muncul dengan lebih banyak aplikasi yang bisa dioperasikan olehnya.
author

Angga Reksa

The problem is not the problem. The problem is your attitude about the problem.

Get Free Email Updates to your Inbox!

1 comments:

Ulasan yang bagus sob..
kunjungi blog saya juga tentang komputer
http://www.teorikomputer.com

Reply

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Copyright © Kumtikom : Kumpulan Tutorial Komputer